Friday, August 1, 2014

Donat (Jco style :p)





Kenapa saya sebut Jco style? karena memang mengharapkan donat yg empuk dan lembut seperti yang di jual di resto Jco Indonesia :-)

Dan walau agak repot serta lumayan membutuhkan banyak waktu, ternyata hasilnya tidak mengecewakan, memang enak, empuk dan fuwa-fuwa alias lembut walau sudah dingin.

Resep asli di sini , saya modifikasi sedikit :-)

Bahan A 
225 gram tepung terigu protein tinggi
7 gram ragi instant
1/8 sendok teh garam halus
150 ml air hangat (saya campur dengan susu cair, krn sedang tidak punya susu bubuk utk bahan B hehe)

Bahan B
50 gram terigu protein tinggi
15 gram susu bubuk full cream (saya skip, ganti susu cair yg dicampur air putih di bahan A)
30 gram mentega putih (saya pakai margarin biasa 15 gram + shortening 15 gram)
30 gram gula pasir
1/2 butir telur, dikocok lepas (saya pakai kuningnya saja 1 butir)

Cara memasak
Pertama campurkan semua bahan A jadi satu, aduk aduk rata dan adonan ini selama 90 menit diwadah tertutup




2. Selanjutnya setelah waktu cukup dan sudah mengembang, campur dengan bahan B, uleni sampai elastis kurang lebih 10 menit



ket gambar :
1. Bahan B
2, Bahan A yang sudah mengembang dicampur dengan bahan B
3. adonan A dan B yang sudah tercampur rata

3. Kemudian tutup dan diamkan adonan donat JCO selama 15 menit

4. Lalu gilaslah adonan setebal 1 cm, diamkan lagi 10 menit (akan mengembang kembali)




5. Bentuk adonan sesuai selera dan diamkan selama 10 menit




6. Terakhir panaskan minyak goreng diatas api kecil sampai matang.

No comments:

Post a Comment